Makalah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Tuhan yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.

Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui seberapa besar pengaruh perpustakaan sekolah terhadap mutu pendidikan yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.

Makalah ini memuat tentang “Pengaruh Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah” dan sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis untuk dicermati dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan.

Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada guru/dosen pembimbing yang telah banyak membantu penyusun agar dapat menyelesaikan makalah ini.

Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.

Penulis

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
B. IDENTIFIKASI MASALAH
C. PEMBATASAN MASALAH.
D. PERUMUSAN MASALAH.

BAB II PEMBAHASAN
A. TUJUAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH.
B. FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH.
C. SUMBANGAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH.

BAB III PENUTUP
A. SIMPULAN
B. SARAN

Daftar Pustaka.

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH
Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan, sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Bangsa Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tidak akan bisa maju selama belum memperbaiki kualitas sumber daya manusia bangsa kita. Kualitas hidup bangsa dapat meningkat jika ditunjang dengan sistem pendidikan yang mapan. Dengan sistem pendidikan yang mapan, memungkinkan kita berpikir kritis, kreatif, dan produktif.

Dalam UUD 1945 disebutkan bahwa negara kita ingin mewujudkan masyarakat yang cerdas. Untuk mencapai bangsa yang cerdas, harus terbentuk masyarakat belajar. Masyarakat belajar dapat terbentuk jika memiliki kemampuan dan keterampilan mendengar dan minat baca yang besar. Apabila membaca sudah merupakan kebiasaan dan membudaya dalam masyarakat, maka jelas buku tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari dan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

Dalam dunia pendidikan, buku terbukti berdaya guna dan bertepat guna sebagai salah satu sarana pendidikan dan sarana komunikasi. Dalam kaitan inilah perpustakaan dan pelayanan perpustakaan harus dikembangkan sebagai salah satu instalasi untuk mewujudkan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Perpustakaan merupakan bagian yang vital dan besar pengaruhnya terhadap mutu pendidikan.

Judul makalah ini sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis untuk dicermati dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan.

B. IDENTIFIKASI MASALAH (LATAR BELAKANG)
Sesuai dengan judul makalah ini “Pengaruh Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah”, terkait dengan pelaksanaan program pendidikan di sekolah dan fungsi serta sumbangan perpustakaan terhadap pelaksanaan program tersebut.
Berkaitan dengan judul tersebut, maka masalahnya dapat diidentifikasi sebagai berikut :
1. Bagaimana peran perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah
2. Bagaimana cara agar perpustakaan sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ?

C. PEMBATASAN MASALAH.
Untuk memperjelas ruang lingkup pembahasan, maka masalah yang dibahas dibatasi pada masalah :
a. Peran perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah;
b. Cara-cara agar perpustakaan sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.

D. Perumusan Masalah.
Berdasarkan latar belakang dan pembatasan masalah tersebut, masalah-masalah yang dibahas dapat dirumuskan sebagai berikut :
1. Bagaimana deskripsi peran perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah ?
2. Bagaimana deskripsi cara agar perpustakaan sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ?

BAB II
PEMBAHASAN

Perpustakaan merupakan bagian intergral dari lembaga pendidikan sebagai tempat kumpulan bahan pustaka, baik berupa buku maupun bukan buku.
Sesuai dengan judul makalah ini, pembahasan meliputi tujuan perpustakaan, fungsi perpustakaan dan sumbangan perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan.

A. TUJUAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH.
Tujuan utama penyelenggaraan perpustakaan sekolah adalah meningkatkan mutu pendidikan bersama-sama dengan unsur-unsur sekolah lainnya. Sedangkan tujuan lainnya adalah menunjang, mendukung, dan melengkapi semua kegiatan baik kurikuler, ko-kurikuler dan ekstra kurikuler, di samping dimaksudkan pula dapat membantu menumbuhkan minat dan mengembangkan bakat murid serta memantapkan strategi belajar mengajar.
Namun secara operasional tujuan perpustakaan sekolah bila dikaitkan dengan pelaksanaan program di sekolah, diantaranya adalah :
1. Memupuk rasa cinta, kesadaran, dan kebiasaan membaca.
2. Membimbing dan mengarahkan teknik memahami isi bacaan.
3. Memperluas pengetahuan para siswa.
4. Membantu mengembangkan kecakapan berbahasa dan daya pikir para siswa dengan menyediakan bahan bacaan yang bermutu.
5. Membimbing para siswa agar dapat menggunakan dan memelihara bahan pustaka dengan baik.
6. Memberikan dasar-dasar ke arah studi mandiri.
7. Memberikan kesempatan kepada para siswa untuk belajar bagaimana cara menggunakan perpustakaan dengan baik, efektif dan efisien, terutama dalam menggunakan bahan-bahan referensi.
8. Menyediakan bahan-bahan pustaka yang menunjang pelaksaanan program kurikulum di sekolah baik yang bersifat kurikuler, kokurikuler, maupun ekstra kurikuler.

B. FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH.
Berdasarkan tujuan perpustakaan sekolah, maka dapat dirumuskan beberapa fungsi perpustakaan, sebagai berikut :
1. Fungsi Edukatif.
Yang dimaksud dengan fungsi edukatif adalah perpustkaan menyediakan bahan pustaka yang sesuai dengan kurikulum yang mampu membangkitkan minat baca para siswa, mengembangkan daya ekspresi, mengembangkan kecakapan berbahasa, mengembangkan gaya pikir yang rasional dan kritis serta mampu membimbing dan membina para siswa dalam hal cara menggunakan dan memelihara bahan pustaka dengan baik.

2. Fungsi Informatif.
Yang dimaksud dengan fungsi informatif adalah perpustakaan menyediakan bahan pustaka yang memuat informasi tentang berbagai cabang ilmu pengetahuan yang bermutu dan uptodate yang disusun secara teratur dan sistematis, sehingga dapat memudahkan para petugas dan pemakai dalam mencari informasi yang diperlukannya.

3. Fungsi Administratif
Yang dimaksudkan dengan fungsi administratif ialah perpustakaan harus mengerjakan pencatatan, penyelesaian dan pemrosesan bahan-bahan pustaka serta menyelenggarakan sirkulasi yang praktis, efektif, dan efisien.
4. Fungsi Rekreatif.
Yang dimaksudkan dengan fungsi rekreatif ialah perpustakaan disamping menyediakan buku-buku pengetahuan juga perlu menyediakan buku-buku yang bersifat rekreatif (hiburan) dan bermutu, sehingga dapat digunakan para pembaca untuk mengisi waktu senggang, baik oleh siswa maupun oleh guru.
5. Fungsi Penelitian
Yang dimaksudkan dengan fungsi penelitian ialah perpustakaan menyediakan bacaan yang dapat dijadikan sebagai sumber / obyek penelitian sederhana dalam berbagai bidang studi.

C. SUMBANGAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH.
Bila diperhatikan secara jenih, maka perpustakan sekolah sesungguhnya memberikan sumbangan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah. Sumbangan / peranan perpustakaan antara lain :
1. Perpustakaan merupakan sumber ilmu pengetahuan dan pusat kegiatan belajar.
2. Perpustakaan merupakan sumber ide-ide baru yang dapat mendorong kemauan para siswa untuk dapat berpikir secara rasional dan kritis serta memberikan petunjuk untuk mencipta.
3. Perpustakaan akan memberikan jawaban yang cukup memuaskan bagi para siswa, sebagai tuntutan rasa keingintahuan terhadap sesuatu, benar-benar telah terbangun.
4. Kumpulan bahan pustaka (koleksi) di perpustakaan memberika kesempatan membaca bagi para siswa yang mempunyai waktu dan kemampuan yang beraneka ragam.
5. Perpustakaan memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mempelajari cara mempergunakan perpustakaan yang efisien dan efektif.
6. Perpustakaan akan membantu para siswa dalam meningkatkan dalam kemampuan membaca dan memperluas perbendaharaan bahasa.
7. Perpustakaan dapat menimbulkan cinta membaca, sehingga dapat mengarahkan selera dan apresiasi siswa dalam pemilihan bacaan.
8. Perpustakaan memberikab kepuasan akan pengetahuan di luar kelas.
9. Perpustakaan merupakan pusat rekreasi yang dapat memberikan hiburan yang sehat.
10. Perpustakaan memberikan kesempatan kepada para siswa dan guru untuk mengadakan penelitian.
11. Perpustakaan merupakan batu loncatan bagi para siswa untuk melanjutkan kebiasaan hidup membaca di sekolah yang lebih tinggi.
12. Kegairahan / minat baca siswa yang telah dikembangkan melalui perpustakaan sangat berpengaruh positif terhadap prestasi belajarnya.
13. Bila minat membaca sudah tumbuh dan berkembang pada diri siswa, maka perpustakaan juga dapat mengurangi jajan anak, yang ini biasanya dapat berpengaruh negatif terhadap kesehatan anak.
14. Bahkan perpustakaan juga bagi anak-anak dapat menjauhkan diri dari tindakan kenakalan, yang bisa menimbulkan suasana kurang sehat dalam hubungan berteman diantara mereka.

BAB III
PENUTUP

A. SIMPULAN
Berdasarkan uraian bahasan “Peranan Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah” dapat disimpulkan bahwa :
1. Peranan perpustakaan sangat menunjang prestasi pendidikan di sekolah.
2. Perpustakaan sangat penting dan harus ada pada setiap sekolah di semua jenjang pendidikan.
3. Pengelolaan perpustakaan harus dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan fungsinya

B. SARAN
Bertolak dari peranan perpustakaan yang begitu banyak sumbangsihnya dalam pelaksanaan program pendidikan di sekolah, penyusun memberikan saran sebagai berikut:
1. Sebaiknya perpustakaan dikelola sesuai dengan tujuan dan fungsinya.
2. Peran pengelola perpustakaan / pustakawan yang profesional hendaknya mendapatkan bekal yang cukup sehingga menjadi pustakawan yang handal dan profesional.
DAFTAR PUSTAKA

- Buku Pendidikan Kewarganegaraan

Source:makalah-di.blogspot.com

English Version
PREFACE

Praise be to God who has helped his servant finish this paper with great ease. Without help she may not be able to complete the author well.

The paper is organized so that readers can find out how much influence the school library for the quality of education that we provide based on observations from various sources. This paper set up by the compiler with various obstacles. Whether it came from self constituent or who come from outside. But with patience and especially the help of God finally this paper can be resolved.

This paper includes on “The Effect of School Libraries on Quality Education in Schools” and deliberately chosen because the authors draw attention to scrutiny and need support from all parties who care about education.

Authors also thank the teachers / lecturers who have helped making up for Facebook to finish this paper.

Hopefully this paper can provide a broader insight to the reader. Although this paper has advantages and disadvantages. Authors beg for advice and criticism. Thank you.

Author

TABLE OF CONTENTS

PREFACE
TABLE OF CONTENTS

CHAPTER I INTRODUCTION
A. ISSUE BACKGROUND
B. PROBLEM IDENTIFICATION
C. LIMITATION OF PROBLEMS.
D. PROBLEM FORMULATION.

CHAPTER II DISCUSSION
A. SCHOOL LIBRARY PURPOSE.
B. SCHOOL LIBRARY FUNCTIONS.
C. LIBRARY DONATIONS TO THE IMPLEMENTATION OF EDUCATIONAL PROGRAMS IN SCHOOLS.

CHAPTER III FINAL
A. Knot
B. ADVICE

References.

CHAPTER I
INTRODUCTION

A. ISSUE BACKGROUND
Science and technology is always evolving and progressing, in accordance with the times and the development of human thinking. The Indonesian nation as one of the developing countries will not be able to advance as long as not improve the quality of human resources of our nation. Quality of life of the nation can be increased if supported by an established educational system. With an established education system, allows us to think critically, creatively, and productively.

In the 1945 Constitution stated that the country we want to create an intelligent society. To achieve an intelligent nation, have formed learning communities. Learning communities can form if you have the ability and listening skills and a great interest in reading. If reading is a habit and entrenched in society, then obviously the book can not be separated from everyday life and is a basic requirement that must be met.

In the world of education, the book proved efficient and bertepat order as one means of education and means of communication. In this regard the library and library services should be developed as one installation to realize the objectives of the intellectual life of the nation. Libraries are a vital part and the greatest effect on the quality of education.

The title of this paper is deliberately chosen because the authors draw attention to scrutiny and need support from all parties who care about education.

B. IDENTIFICATION PROBLEMS (BACKGROUND)
In accordance with the title of this paper “The Effect of School Libraries on Quality Education in Schools”, in relation to the implementation of education programs at schools, functions and contribution to the implementation of the program library.
In connection with that title, then the problem can be identified as follows:
1. How does the role of libraries on the implementation of education programs in schools
2. How can the school library can truly improve the quality of education in school?

C. LIMITATION OF PROBLEMS.
To clarify the scope of discussion, the issues discussed is limited to the problem:
a. The role of the library towards the implementation of education programs in schools;
b. The ways for the school library can really improve the quality of education in schools.

D. Problem Formulation.
Based on the background and the limitation issue, the problems discussed can be formulated as follows:
1. How does the description of the role of libraries on the implementation of education programs in schools?
2. How the description of the way for the school library can truly improve the quality of education in school?

CHAPTER II
DISCUSSION

Library is an integral part of educational institutions as a collection of library materials, either the book or not book.
In accordance with the title of this paper, the discussion includes the purpose of libraries, function libraries and library donations towards the implementation of educational programs.

A. SCHOOL LIBRARY PURPOSE.
The main objective of organizing the school library is to improve the quality of education together with elements of other schools. While other purpose is support, support, and complete all activities both curricular, co-curricular and extra curricular activities, in addition is also intended to help foster student interest and develop talent and strengthen teaching and learning strategies.
However, in the school library when operational goals associated with the implementation of programs in schools, including:
1. Foster a sense of love, awareness, and reading habits.
2. Guiding and directing techniques to understand the content of reading.
3. Expanding knowledge of the students.
4. Help develop language skills and thinking power of students by providing quality reading material.
5. Guiding students to use and maintain library materials properly.
6. Provide the basics to the independent study.
7. Provide opportunities for students to learn how to use the library with a good, effective and efficient, especially in the use of reference materials.
8. Providing library materials that support curriculum in schools pelaksaanan programs both curricular, kokurikuler, as well as extra curricular.

B. SCHOOL LIBRARY FUNCTIONS.
Based on the school library purposes, it can be formulated some library functions, as follows:
1. Educative function.
The meaning of educative function is perpustkaan provide library materials in accordance with the curriculum that is able to arouse students’ interest in reading, developing power of expression, develop language skills, developing a style that is rational and critical thought and able to guide and nurture the students in terms of how to use and maintain library materials properly.

2. Informative functions.
The meaning of the informative function is a library providing library materials which contain information about the various branches of science quality and uptodate arranged regularly and systematically, so as to facilitate the officers and users in finding needed information.

3. Administrative Functions
What is meant by administrative function is a library should do the recording, completion and processing of library materials and organizing the circulation of a practical, effective, and efficient.
4. Recreational functions.
What is meant by recreational function library books in addition to providing knowledge also needs to provide the books that are recreational (entertainment) and quality, so that readers can use to fill free time, either by students or by teachers.
5. Research Function
What is meant by the function of research libraries is to provide a reading which can be used as source / object simple research in various fields of study.

C. LIBRARY DONATIONS TO THE IMPLEMENTATION OF EDUCATIONAL PROGRAMS IN SCHOOLS.
When observed in jenih, then the school library actually contribute to the implementation of education programs in schools. Donations / role of the library include:
1. Library is a source of knowledge and learning centers.
2. Libraries are a source of new ideas that could encourage the willingness of students to be able to think rationally and critically, and provide instructions to create.
3. Library will provide satisfactory answers for the students, as the demands of a sense of curiosity about something, have actually been built.
4. A collection of library materials (collections) in the library reading memberika opportunity for students who have the time and diverse capabilities.
5. Libraries provide the opportunity for students to learn how to use the library efficiently and effectively.
6. Library will help students improve in reading skills and expand vocabulary.
7. Libraries can cause love to read, so it can direct the taste and appreciation of students in the selection of readings.
8. Library memberikab satisfaction for knowledge outside the classroom.
9. Library is a recreation center that can provide a healthy entertainment.
10. Libraries provide opportunities to students and teachers to conduct research.
11. Library is a stepping stone for students to continue their reading habits at school is higher.
12. Excitement / interest in reading of students who have developed through the library very positive effect on academic achievement.
13. If your reading interests have grown and developed in self-esteem, then the library can also reduce a child snacks, which are usually negatively affect the health of children.
14. Even the library is also for children to stay away from delinquency measures, which could lead to less healthy atmosphere in the friendly relations between them.

CHAPTER III
CLOSING

A. Knot
Based on the description of the discussion “The Role of School Libraries on Quality Education in Schools” can be concluded that:
1. The role of libraries is to support educational achievement at school.
2. Libraries are very important and should exist in every school in all levels of education.
3. Library management must be implemented in accordance with the purposes and functions

B. ADVICE
Based on the role of the library so much contribution in the implementation of education programs in schools, authors provide suggestions as follows:
1. Should the library be managed in accordance with the purposes and functions.
2. The role of the library / librarian professional should get enough stock to become a reliable and professional librarians.
REFERENCES

- Citizenship Education Book

Source: paper-di.blogspot.com

About these ads
%d bloggers like this: