Penggagas ‘Hari Menggambar Nabi’ webnya di bobol

“Saya meminta maaf kepada umat Islam dan meminta agar hari itu (hari menggambar Kartun Nabi Muhammad, red) dibatalkan. Terima kasih kepada mereka yang menjadikan hal gila ini sebagai peluang untuk berdialog,” demikian tulis Molly Norris dalam blognya.

Norris adalah penggagas “Everybody Draw Mohammed Day” atau kontes Kartun Nabi Muhammad SAW di jejaring sosial facebook. Kontes yang sedianya digelar 20 Mei kemarin itu sontak mengundang protes umat islam di seluruh dunia.

Norris adalah kartunis asal Seattle, Amerika Serikat. Dalam blognya, Norris sendiri membantah telah sengaja mengumumkan kontes kartun Nabi. Ia mengaku hanya membuat kartun tentang acara televisi South Park yang disensor dan menduga ada orang lain yang kemudian menyebarkannya di situs facebook.

“Saya tidak pernah membuat halaman facebook, saya tidak pernah menyiapkan tempat untuk orang-orang mengirim gambar dan saya tidak pernah menerima gambar,” tulis Molly Norris di blognya.

Apapun alasan Norris, berita ajakan kontes itu memang sudah tersebar dan mengundang protes. Bahkan Ribuan umat Islam Pakistan sempat berunjuk rasa hingga pemerintah setempat memblokir situs Facebook.

fan page ‘Everybody Draw Mohammed Day‘ akhirnya menghilang

Banyaknya kecaman berkaitan tanggal 20 Mei sebagai hari menggambar sketsa Nabi Muhammad sedunia, untuk kemudian meng-uploadnya ke Facebook, akhirnya akses tersebut ditutup.

Hal tersebut terlihat bahwa fan page ‘Everybody Draw Mohammed Day‘ akhirnya menghilang dari Facebook sejak hari ini, fan page tersebut tidak lagi bisa diakses.

Bahkan melalui sistem pencarian yang disediakan di Facebook, fan page tersebut tetap tidak tampil. Besar kemungkinan Facebook telah menghapusnya dari peredaran.

Belum lagi respon keras didapat dari Pakistan dan Indonesia yang mengajak penyedia ISP untuk memblokir Facebook, khususnya URL fan page tersebut. Meskipun fan page tersebut sempat menarik perhatian lebih dari 75.000 anggota Facebook di seluruh dunia.

Situs Pelaksana Lomba gambar Nabi dibobol

Menyusul gelombang penolakan dari umat muslim dalam grup Facebook mengenai lomba karikatur Nabi Muhammad dan diblokirnya jejaring sosial tersebut di beberapa negara Islam, situs pelaksana gerakan “menggambar nabi Muhammad” yang beberapa waktu terakhir ramai diberitakan, saat ini tidak bisa diakses.

Jika diklik, maka situs beralamat http://www.drawmohammed.com/ hanya akan tampil halaman berwarna hitam dengan beberapa tulisan.

Kabar yang beredar di dunia maya, pembobol tersebut berasal dari Turki. Ketika Anda membuka situs tersebut maka yang muncul adalah tulisan Cyber-Warrior TIM For ISLAM dengan lambang bulan dan bintang.

Sebagian kalimat yang ditulis oleh hacker tersebut mengatakan, “Masyarakat islam menghormati nabi Anda dan menyebutnya dengan sebutan suci Nabi Isa A.S. Namun, Anda tetap menghina Nabi dalam agama Islam dengan sebutan menjijikkan dan kartun menghina dengan alasan kebebasan berekspresi”.

Atau, tulisan aslinya sebagai berikut : “While All Islam World regard with reverence to your prophet and address him as Hz. ISA A.S ( Christ ) ( putting a holy prefix in front of his name ), You keep abusing, Islam’s almighty Prophet with disgusting and disgraceful cartoons using excuses of freedom of speech.”

Diakhiri dengan tulisan Muhammad dalam bahasa Arab dan identitas negara Turkish serta beberapa kalimat yang ditulis dalam bahasa Turki.

Namun, anehnya sesaat setelah situs itu terbuka, maka pengunjung akan diperdengarkan potongan lagu dari grup nasyid yang berasal dari Malaysia, Raihan yang berjudul “Syukur”.

Tentu saja hal itu menimbulkan penasaran dari para penggiat dunia maya. Sebagian menganggap, jika pembobol tersebut sebenarnya berasal dari Indonesia atau Malaysia dan menggunakan negara Turki untuk menghilangkan jejak.[Liputan6/Hidayatullah/Republika]

%d blogger menyukai ini: