Konsep Kurikulum

LANDASAN DAN PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM
Hansiswany Kamarga
KONSEP KURIKULUM
Konsep kurikulum:
• berkembang sejalan dengan perkembangan teori dan praktek pendidikan
• Bervariasi sesuai dengan aliran atau teori pendidikan yang dianut

Dalam arti sempit : kumpulan mata pelajaran / bahan ajar yang harus disampaikan guru
Dalam arti luas : lebih menekankan pada pengalaman

KONSEP KURIKULUM
KURIKULUM DIPANDANG SEBAGAI TUJUAN

Mauritz Johnson membedakan antara kurikulum dengan pengajaran.
Interaksi siswa dengan lingkungan disebut pengajaran sedangkan rentetan hasil belajar yang diharapkan (tujuan) disebut kurikulum
KONSEP KURIKULUM
SEBAGAI RANCANGAN / RENCANA
Menurut Mac Donald, sistem persekolahan terbentuk atas 4 subsistem :
– Mengajar  kegiatan profesional guru
– Belajar  upaya siswa sebagai respon
– Pengajaran  interaksi belajar mengajar
– Kurikulum  rencana sebagai pedoman
Menurut Beauchamp, kurikulum dibedakan
(a) sebagai rencana tertulis, dan (b) kurikulum fungsional
Menurut Taba, perbedaan kurikulum dgn pengajaran terletak pada keluasan cakupan
KONSEP KURIKULUM
SEBAGAI BIDANG STUDI

Merupakan penerapan dari teori-teori kurikulum, hasil pengkajian dan pengembangan para ahli kurikulum.

Menurut Zais : kurikulum sebagai bidang studi mencakup :
– Batasan/jarak/cakupan subject matter
– Prosedur pengembangan dan praktek

Menurut Beauchamp : teori kurikulum adalah sekumpulan pernyataan yang berhubungan yang memberi arti terhadap kurikulum sekolah dengan titik beratnya pada hubungan antarlelemen, perkembangan, penggunaan, dan evaluasi
KONSEP KURIKULUM
• Cakupan bidang studi :
– Konsep kurikulum
– Penentuan
– Penggunaan
– Pengembangan
– Disain
– Evaluasi
• Kurikulum sebagai rencana :
– Tujuan
– Bahan
– Kegiatan
– Alat
– Waktu
• Sistem kurikulum :
– Penentuan kebijakan
– Susunan personalia
– Prosedur pengembangan
– Penerapan
– Evaluasi dan penyempurnaan
• Fungsi :
– Menghasilkan kurikulum sebagai dokumen tertulis
– Menjaga kurikulum tetap dinamis
KONSEP KURIKULUM
KURIKULUM :
– MENGINDIKASI RENCANA UNTUK MENDIDIK SISWA
MERUPAKAN BAGIAN DARI RUANG LINGKUP KAJIAN KURIKULUM DAN BERISIKAN KOMPONEN-KOMPONEN KURIKULUM
– IDENTIFIKASI RUANG LINGKUP KAJIAN
• MERUPAKAN SUBSTANSI / SUBJECT MATTER DALAM BIDANG KURIKULUM
• BERBAGAI PROSES YANG TERDAPAT DALAM KURIKULUM SEPERTI PENGEMBANGAN KURIKULUM, PERUBAHAN KURIKULUM
KONSEP KURIKULUM
• CURRICULUM AS PROGRAM OF STUDIES
• CURRICULUM AS COURSE CONTENT
• CURRICULUM AS PLANNED LEARNING EXPERIENCE
• CURRICULUM AS EXPERIENCES HAD UNDER THE AUSPICES OF THE SCHOOL
• CURRICULUM AS A STRUCTURED SERIES OF INTENDED LEARNING OUTCOMES
• CURRICULUM AS A WRITTEN PLAN FOR ACTION
KONSEP KURIKULUM
MENURUT HILDA TABA (1962) DILEMA TENTANG DEFINISI KURIKULUM TERJADI KARENA TIDAK DAPAT MELETAKKAN POSISI ANTARA DUA KUTUB

KONSEP KURIKULUM
ASPEK-ASPEK LAIN DARI KAJIAN KURIKULUM
– LANDASAN KURIKULUM
– DISAIN KURIKULUM
– PENGEMBANGAN KURIKULUM
– IMPLEMENTASI KURIKULUM
– REKAYASA KURIKULUM
– PERBAIKAN / PERUBAHAN KURIKULUM

%d blogger menyukai ini: