Landasan dan Prinsip Pengembangan Kurikulum

LANDASAN DAN PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM
HANSISWANY KAMARGA
LANDASAN SOSIAL BUDAYA
Pendidikan mempersiapkan generasi muda untuk terjun ke dalam kehidupan masyarakat memberi bekal pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai untuk hidup, bekerja dan mencapai perkembangan lebih lanjut di masyarakat
LANDASAN SOSIAL BUDAYA
3 SIFAT PENTING PENDIDIKAN
LANDASAN SOSIAL BUDAYA
Masyarakat
membentuk
kelompok
LANDASAN SOSIAL BUDAYA
PERKEMBANGAN MASYARAKAT
LANDASAN SOSIAL BUDAYA
PERUBAHAN POLA PEKERJAAN
– Melahirkan spesialisasi yang menuntut profesionalisme
– Mengejar target untuk meningkatkan produksi
– Gotong royong diganti dengan kerjasama sesuai alur kerja
– Pola padat karya berganti dengan padat teknologi
– Sifat kompetitif yang tinggi
LANDASAN SOSIAL BUDAYA
PERUBAHAN PERANAN WANITA
– Wanita memiliki peluang yang sama dengan pria hampir pada setiap sektor
– Memberi kesempatan untuk menambah penghasilan keluarga
– Muncul masalah dalam kehidupan sosial pribadi  peran ganda wanita
– Masalah dalam kehidupan berkeluarga  kemungkinan terjadinya perpecahan keluarga
– Masalah dalam pekerjaan : optimalisasi karier, kedudukan pria di bawah wanita, pelecehan/skandal

PERUBAHAN KEHIDUPAN KELUARGA
– Waktu bekerja yang panjang
– Pengasuhan anak oleh pembantu
– Waktu anak lebih banyak di luar rumah
– Menimbulkan masalah harmonisasi dalam keluarga
– Kesibukan luar batas mengorbankan fungsi-fungsi keluarga
– Rumah hanya berfungsi sebagai tempat parkir

%d blogger menyukai ini: